Ulama-Ulama di Garda...

Ulama-Ulama di Garda Depan Perjuangan

225 Dilihat
8 Terjual

Rp52.000

Diskon 20%

Penulis : Ari Subiakto
Halaman : 224 hlm
Dimensi : 14 x 20 cm
Berat : 300 gram
ISBN : 978-623-7490-33-3

- +
Alasan berbelanja buku di Pro-U Media
  • Pesanan sebelum jam 2 siang akan diproses di hari yang sama
  • Garansi produk asli sehingga lebih berkah ilmunya
  • Garansi produk diganti jika ditemukan kerusakan produksi
Weight300 g
Dimensions14 × 20 × 1 cm

Ulama adalah yang mewarisi para nabi. Mereka tak hanya bertanggung jawab untuk menjaga umat Islam agar tetap berada di jalan yang lurus dengan dakwahnya, tetapi juga bertanggung jawab dalam menjaga kemuliaan agama dengan menegakkan jihad. Dakwah dan jihad adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan dari tanggung jawab para ulama. Karena kedua tanggung jawab itulah, para ulama memiliki posisi dan peranan yang sangat penting dan strategis di tengah-tengah umat.

Pada masa damai, para ulama berperan sebagai pendakwah yang senantiasa memberi peringatan dan nasihat kebaikan, atau sebagai pendidik yang cermat mengajarkan ilmu dan pengetahuan kepada umat. Namun, di kala keselamatan negeri dan umat mendapatkan ancaman dari para penjajah, maka para ulamalah yang maju lebih dulu untuk menyerukan jihad, bertransformasi menjadi pejuang atau panglima perang. Ada seabrek teladan dari “dwifungsi ulama” semacam itu. Dari zaman Nabi Muhammad Saw hingga Indonesia merdeka, ribuan ulama pejuang mudah kita susun daftarnya. Mereka senantiasa berada di garda terdepan perjuangan.

Dalam buku ini disajikan biografi ringkas nan apik dari para ulama yang mewakili benua dan negara yang berbeda, bahkan dari periode waktu yang tidak persis sezaman. Namun, keempatnya memiliki kesamaan, mereka cermat mendidik umat sekaligus gagah mengusir penjajah.  Kesungguhan dan metode mereka yang sistematis dalam membina umat, selaras dan konsisten dengan kegigihan mereka di medan perjuangan. Ada Tuanku Imam Bonjol dari Minangkabau (Nusantara) melawan penjajahan Belanda. Ada Imam Shamil dari Pegunungan Kaukasus (Asia Tengah dan Eropa Timur) melawan hegemoni Tsar Rusia. Ada Syaikh Omar Mukhtar dari Libya (Afrika) melawan fasisme Italia. Terakhir, ada Syaikh Abdullah Yusuf Azzam, seorang ulama Palestina yang gigih berjuang melawan penjajahan Komunisme Uni Soviet di Afghanistan.

Ikhtiar ini belumlah cukup, keempat contoh belumlah memadai. Namun, ditulisnya buku ini diharapkan dapat menjadi pengingat sekaligus cermin bagi umat Islam, termasuk para ulama saat ini, untuk meneladani semangat dan perjuangan mereka dalam menegakkan kebenaran dan keadilan.

Reviews

There are no reviews yet.

Only logged in customers who have purchased this product may leave a review.

Ulama-Ulama di Garda Depan Perjuangan
Rp52.000

Keranjang Belanja

No products in the cart.

Return to shop

Pro-U Media

Selamat datang di Pro-U Media. Kami siap membantu kebutuhan literasi Anda dengan buku bacaan yang keren dan bergizi :)

Selamat datang, ada yang bisa kami bantu